Kamis, 10 November 2016

Berkarya dengan Kulit Telur


 KERAJINAN CANGKANG TELUR


cara membuat kerajinan cangkang telur
Kaligrafi kulit telur oleh Agus Salim
Bahan yang diperlukan :
  1. Cangkang telur
  2. Papan triplek atau kanvas
  3. Lem Putih/Lem Kayu
  4. Semen Putih
  5. Rakel bekas sandal
  6. Amplas halus
  7. Cat (terserah mau cat apa) 
  8. Cutter/Pemes dan
  9. Pilox clear


Kalau bahan diatas sudah kita dapatkan semua, langkah selanjutnya adalah mencuci bersih dulu cangkang telur yang sudah kita kumpulkan tadi dengan cara direndam dalam air yang sudah dicampur dengan diterjen atau pewangi agar tidak ada bau amis yang menempel di cangkang telur,dan untuk selalu diingat ketika kita sedang mencuci cangkang telur tersebut, jangn lupa bersihkan juga kulit ari atau lapisan putih tipis yang ada didalam cangkang telur hal ini dilakukan agar nanti ketika kita mau mengaplikasikan cangkang telur tersebut keatas papan triplex atau kanvas dengan lem putih tidak sia-sia, kenapa dibilang “sia-sia”?, karena yang menempel pada papan tersebut hanyalah kulit arinya saja, sedangkan cangkang telur itu sendiri ada diatas kulit ari, jadi ketika sesuatu tidak diinginkan terjadi seperti tersenggol atau terkana getaran bisa saja akan tekelupas cangkang telut tersebut karena hanya kulit arinya saja yang menempel diatas papan, nah itu adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan walaupun kelihatan sepele dan kecil, tap hal itu dapat merusak semua hasil kerja keras kita yang sudah dilakukan!.  Jadi kita harus bersih dalam mencuci cangkang telur tersebut.  Setalah semua cangkang telur dicuci bersih lalu dijemur atau diangin-anginkan biar cepat kering, setelah kering semua kita harus pilih warna gradasi cangkang telur tersebut, ada banyak macam gradasi warna cangkang telur dari yang cerah hingga kecokelat-cokelatan, hal ini dilakukan agar kita lebih mudah dalam melakukan penempelah dalam membat kerajinan tersebut. 


Setelah itu potong papan triplex yang sudah kita siapkan sesuai ukuran yang kita inginkan, setelah sudah kita dapatkan potongan yang kita inginkan langkah selanjutnya adalah membuat sketsa diatas papan tersebut dengan tulisan atau gambar yang ingin kita buat seperti gambar dibawah, disini Saya akan membuat tulisan kaligrafi lafal “Muhammad Rosululloh SAW”.


Setelah kita membuat sketsa diatas papan tersebut langkah selanjutnya adah memberikan lem putih atau lem kayu diatas sketsa tersebut sesuai gambar sedikit demi sedikit dengan kuas atau bisa dengan jari kita jika kita tidak punya kuas. Setelah dikasih lem pada sketsa tersebut selanjutnya adalah menempekan cangkang telur yang sudah kita pilih tadi mengikuti sketsa yang kita buat dengan cara ditekan dengan jari atau tangan kita agar dapat rata dan menempel dipapan hal ini adalah langkah yang sangat Saya sukai karena akan ada suara "kreeekkkk" .  Jangan sampai melewati garis sketsa ya sahabat?, jika melewati batas sketsa yang kita buat kiat bisa memotongnya dengan pemes atau cutter agar terlihat rapi. Lakukan langkah ini sampai selesai mengikuti sketsa yang kita buat tadi, setelah selesai semua dan rapi selanjutnya adalah menunggu hingga kering dulu agar lem dapat merekat dengan kuat dipapan kurang lebih 3 jam lem akan rekat sempurna. Setelah kering sempurna langkah selanjutnya adalah memberikan dempul ke sela-sela cangkang telur yang terbuka dengan rakel yang terbuat dari sandal bekas, hal ini dilakukan agar lubang yang terbuka dapat tertutup sempurna dan tidak dapat kemasukan angin karena nanti bisa masuk angin kan jadi repott!. Setelah semua didempul merata jangan lupa  untuk mengusap permukaan cangkang telur yang sudah didempul sebelum kering, ini dilakukan agar nanti saat pengamplasan jadi lebi mudah selanjutnya semprotkan pilox clear keseluruh permukaan cangkang telur tersebut agar semen putih tersebut dapat menempel dengan kuat dengan cangkang telur.


Selanjutnya amplas semua permukaan cangkang telur tersebut dengan irama yang halus agar rata semua dan pori-pori bisa terbuka, setelah semuanya diamplas halus langkah selanjutnya kita bisa memberikan pewarna cat atau sejenisnya agar terlihat lebih menarik lagi. Ooh iya kenapa harus diamplas?  Karena setelah kita amplas permukaan cangkang telur tersebut, nanti ketika kita ingin mewarnai maka akan terlihat menyatu dengan cangkang telur tersebut karena cat tersebut meresap kedalam pori-pori cangkang telur. Selanjutnya kita menunggu hingga benar-benar kering cat tersebut, setelah semuanya kering lakukan lagi penyemprotan keseluruh permukaan cangkang telur dengan pilox clear hal ini dilakukan agar nanti bisa lebih awet lagi dan tahan dengan debu dan kotoran yang menempel, karena akan mudah untuk dibersihkan!


Jika sudah semuanya selesai, tahap terakhir adalah memberikannya bingkai agar terlihat lebih menarik dan indah lagi dan dipasang.


sumber : http://senicangkangtelur.blogspot.co.id/2016/01/cara-membuat-kerajinan-dari-cangkang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar